7/21/15

Tradisi Gotong Royong Masyarakat Papua

Tradisi Gotong Royong di Pedalaman Papua- Masyarakat Papua dikenal memiliki tradisi gotong royong yang amat kuat. Terutama masyarakat kampung-kampung. Jika menyangkut kepentingan bersama, mereka tak segan-sengan turut ambil bagian dalam kerja bakti.

Masyarakat Papua, di Distrik Piyaiye melakukan kerja bakti, meratakan tanah, lokasi pembangunan gereja.
Masyarakat Piyaiye Bekerja Bakti Meratakan

Bentuk-bentuk gotong royong  terlihat dalam beragam kegiatan. Mulai dari upaca bakar batu, pembangunan gereja, renofasi kantor desa, samapai dengan kerja bakti membersikan lingkungan.

Tradisi gotong royong masyarakat papau hidup sejak jaman dahulu sampai hari ini. Tradisi ini dilakukan untuk mengerjakan beragam pekerjaan berat. Mulai dari membuat perahu, membangun rumah adat, merintis kebun, sampai dengan membangun jembatan.

Karena dikerjakan bersama-sama, pekerjaan-pekerjaan berat pun dapat terselesaikan dengan baik. Kadang kala, lebih khusu masyarakat suku mee, kerja baikti ini sering kali diikuti dengan "Yuu Waita."

Foto yang terlihat alam postingan kali ini ialah Tradisi gotong royong di Pedalam Papua. Tepatnya desa Apowo, Distrik Piyaiye, Kabupaten Dogiai.

Sejak pagi masyarakat piyaiye, berbondong-bondong datang kelokasi. Mereka Meratakan tanah. Nantinya pada lokasi ini Akan didirkan Sebuah Gereja Katolik, untuk mengantikan gereja katolik yang tak layak pakai.

Semoga tradisi ini tetap lestari dan hidup dalam masyarakat.
Gotong royong masyarakat papua
Mama-mama papua sedang bergotong royong


Begitu Sudah
Berbagi Itu Selalua Indah

Ketentuan Berkomentar:
1. Harus Mengunakan Akun Google
2. Tidak Boleh membuat komentar Spam
3. Anda Sopan, Kami Segan
4. Terimakasi-Terimakasi-Terimakasi

Begitu Sudah!
EmoticonEmoticon