10/10/11

Ayo Ke Pulau Ahe

Di Kabupaten Nabire, ada banyak pulau kecil yang terletak di laut nabire yang layak untuk dikunjungu. Salah satu dari sekian banyak pulau itu adalah Pulau Ahe. Pulau seluas 300 m kuadrat ini selain memilik keindahan pantai pasir putih yang manawan, ia juga memilik keindahan pemandangan bawa laut yang indah yang mampu memberikan kesejukan dan ketenangan batin bagi siapa saja yang mengunjunginya.

 Untuk mencapai tempat wisata ini, para pengunjunga bisa menggunakan speedboat dan longboat selama kurang lebih 20 menit dari ibukota distrik dan 1,5 hingga atau 2 jam jika berangkat dari ibukota Kabupaten Nabire menujuh arat timur.

Gambar Pulau Ahe

Pulau yang dikelola oleh masyarakat, pemerintah dan swasta ini, secarah adat dimilik oleh suku-suku setempat. Setiap ada pengunjung, masyarakat adat biasanya menampilakn atarkis tari-tarian. Sebagai imbal balik, biasanya para pegunjung memberikan sejumlah uang kepada para penari. ini bisa meningkatakn perekonomian keluarga-keluarga masyarakat setempat.

Dipulau ini terdapat bangkai pesawat tua, peningalan tentara sekutu masa perang dua II. Sebagian besar dari bangkai-bangkai itu telah dipindahkan ke daratan.

Ada sesuatu yang menarik dari pulau yang memilikih pantai bersih dari sampah buangan manusaia dan kayu-kayu yang tumbang ini. Para pengunjung dilarang untuk mengambil gambar dipulau ini. Belum jelas apa penyebabnya tetapi tentu saja ada alasanya. 

Ketentuan Berkomentar:
1. Harus Mengunakan Akun Google
2. Tidak Boleh membuat komentar Spam
3. Anda Sopan, Kami Segan
4. Terimakasi-Terimakasi-Terimakasi

Begitu Sudah!
EmoticonEmoticon