5/11/15

Sebenarnya, Apa Manfaat Buat Blog?


Apa Saja Manfaat Membuat Blog/gambar Ilustrasi

 Sewaktu pertama kali belajar membuat blog, seorang sahabat perna bertanya, apa manfaat buat blog? "Ko buat blog untuk?"  Katanya.


Waktu itu saya hanya terdiam. Tidak tau jawabanya. Ketika pertama kali melihat blog milik teman-teman Papua, di kampus, saya juga perna menanyakan hal yang sama pada seorang sahabat. "Sebenarnya, Apa manfaat buat blog?"


Teman asal Borneo itu mengatakan, "Manfaat buat blog ialah untuk berbagi."

Terus terang, saya tidak puas dengan jawaban itu: berbagi apa? Sayang, pertanyaan itu tidak saya utarakan.

Berkat bantuan dari sahabat-sahabat blogger papua dan berbagai tutorial di internet, akhirnya, blog ini lahir, ternyata membuat blog itu tidak sulit.

Kembali ke pertanyaan awal, sebenarnya, apa manfaat buat blog? Akhrinya, waktulah yang menjab. Ternya membuat blog itu ada banyak manfaatnya, baik secara langsung maupun tidak langsung.


Manfaat Membuat blog

Mungkin, Anda juga suda tau apa manfaat buat blog yang saya share pada postingan ini. Tetapi, ada baiknya saya rangkum lagi. Rangkuman berdasarkan pengalaman dan penelusuran berbagai sumber melalui dunia gaip, he,he,he...

Kira-kira manfaat membuat blog sebagai berikut: 

Belajar Menulis

Maanfaat buat blog yang pertama dari blogging (aktifitas yang berkatitan dengan membuat blog) ialah, belajar menulis. Suda hampir empat tahun, sejak pertama kali blog ini dibuat. Selama itu juga, saya dituntut untk membuat konten. Konten yang cocok untuk postingan blog ialah tulisan.

Tentu saja, seorang blogger harus bisa menulis agar konten blognya tidak kosong. Menulis-menulis dan menulis. Tulisannya, bisa berupa artikel, cerita, tips dan trik, totorial, atau bahkan esyai dan lain sebagainya.

Dari sini seorang blogger dimanjakan dengan dunia tulis menulis. Ia harus belajar membuat judul postingan, pargraf pembuka, isi postingan, dan penutup. Semuanya disusun dengan menarik, runtut dengan bahasa yang dapat dimengerti pengunjung blog (pembaca).

Beruntung, dunia blogger menjadikan internet sebagai medium. Internet memberikan kemudahan yang begitu besar. Untuk berlajar  menulis, dapat langsung ditanyakan kepada tete google. "Bagaimana menulis Artikel?" Atau, "Bagaimana Menulis cerita?"

Jika suda ketemu, blogger akan berusaha mendalami materi sekaligus mempelajari berbagai teknik-teknik penulisan. Sedikit demi sedikit, dari tulisan cakar ayam, jika rutin menulis, suatu kelak akan jadi tulisan yang maknyus, lesat disantap.

Mengedit Konten Postingan

Manfaat kedua membuat blog ialah belajar mengedit. Mengedit sebuah tulisan adalah proses yang penting. Seorang blogger yang baik akan berupaya membuat tulisan yang layak dipublis. Tulisan yang layak dipublis ialah, baik dari sisi penalaran dan gramatikal.

Biasanya, sebuah blog hanya dimiliki oleh seorang administrator. Kalau pun ada blog dengan dua atau tiga admin, barangkali blog tersebut milik organisasi, komunitas atau pun lembaga. Nah, pada titik ini seorang blogger dituntut untuk belajar mengedit konten blognya sendiri sebelum publikasi.

Proses pengeditan konten ini penting. Tujuannya agar pembaca gampang menangkap isi konten blog. Kalau bahasa yang digunakan tidak runtut, banyak terdapat kesalahan ejaan, pengunjung akan segera beralih ke blog lain.

Setelah itu,  tulisan dalam postingan segera dapat dipublikasi. Lalu dishare di sosial media macam facebook dan twtter. Pengunjung yang tertarik dapat langsung membaca dan mengomentari.  

Modifikasi Template

Maanfaat buat blog ketiga iala modifikasi template. Template adalah tampilan muka depan dari sebuah blog. Baik tampilan halaman utama, tampilan laman, maupun tampilan postingan blog. Seorang blogger yang baik dituntut untuk membuat tampilan ketiganya tampak indah menarik, plus tidak lolah. Semoga, blog ini juga tra lola...
 
Butuh kesabarn dan kerja agak ekstra. Soalnya modifikasi tampilan itu gampang-gampang susah. Gampang karena tertadapat banyak totorial yang bertebaran pada blog totorial. Tingal ketik kata kunci pada google, dapat totorial, dan diikuti lang-langkanya, dan jadilah!

Susah karena, berdasarkan pengelaman, apa lagi untuk awan dengan dunia web/blog desain, kadang kala totorial yang diberikat tidak berhasil diterapkan. Mau tidak mau, blogger harus mencari tutorial lain, yang memberikan alternatif cara lain.

Lagi pulah terdapat begitu banyak istilah yang asing dalam dunia blog bagi pemula.  Misalanya, related post, link eksternal, sidebar, google master dan lain sebagainya. Kuncinya ialah belajar sabar dan tekun.

Belajar Desain.

Barangkali, Manfaat buat blog yang ke empat ialah belajar desain grafis. Dunia desain grafis sangat terkaid erat dengan dunia desain web atau blog. Keduanya seperti dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan.

Untuk membuat tampilan blog atau bahkan web yang menarik, seorang bloggger perlu sedikit menguasai software desain grafis seperti photoshop dan CorelDraw.

Contoh paling nyata, untuk menganti heder blog, blogger harus terlebih dahulu membuat header dengan tipe gambar JPG mengunakan perangkat lunak Corel atau Phohoshop. Setelah desainnya tampak indah dan menarik, disimpan dalam hardiks dalam format JPG atau PNG. Baru bisa diinput ke dalam blog, pada kotak header layout blog.

Begitu juga pada bagian-bagian lain dari template blog, misalnya icon, footer, sidebar, dan lain-lain...

Dapat Uang

Bikin blog bisa dapat uang? Bisa! Ini saya baru tau berberapa waktu terakhir ini. Googel punya fitur google adsen, disingkat GA.

Google adsen itu semacam iklan yang dipasang di blog. Kalau blog kita mememnuhi 20 ketentuan google adsen, kita bisa menawarkan diri pada google adsen untuk ikut serta mempublikasikan iklan di blog. Atau bahkan, katanya, jika sebua blogg banyak dikunjugi, googel adsen akan menawar kita untuk ikut serta mempublikasikan iklan-iklan dari beragam perusahaan.

Berdasarkan penulusuran, kunci utama untuk ikut serta agar blog kita mendapat aprove dari google adsen ialah konten. Jika blogger membuat konten yang unik dan menarik banyak orang untuk dibaca google adsen kemungkinan besar setuju untuk memasang iklan di blog.

Itu manfaat buat blog yang terakhri.

Pentup

Jadi, ternyata sobat asal borneo itu benar. Ternyata manfaat buat blog itu untuk berbagi. Dan apa yang saya tulis di atas bertujuan untuk berbagi, berdasarkan pengalaman dan penelusuran google.

Jika Anda ingin menambakan, mengurangi, atau beda pendapat, silakan di komentar.
Terimaksi

Ketentuan Berkomentar:
1. Harus Mengunakan Akun Google
2. Tidak Boleh membuat komentar Spam
3. Anda Sopan, Kami Segan
4. Terimakasi-Terimakasi-Terimakasi

Begitu Sudah!
EmoticonEmoticon