5/15/15

7 Unsur Kebudayaan Menurut Clyde Kluckhohn

7 Unsur kebudayaan menurut Clyde Kluckhonhn
Gambar Ilustrasi 7 Unsur Kebudayaan


7 Unsur Kebudayaan: Manusia dan kebudayaan ibarat dua mata uang yang saling terkaid satu dengan lainya. Tanpa mausia tidak perna akan ada kebudayaan. Begitu sebaliknya, kebudayaan adalah buah karya dari manusia. Atau singkatnya, manusia itu makluk berbudaya.

Hal ini membuat topik tentang kebudayaan menjadi sesuatu yang amat kompleks dan rumit. Bagaimana tidak kebudayaan adalah keseluruhan dari hasil cipta dan karsa manusia yang terstruktur, diturunkan dari satu generasi ke generasi berikut.

Kesemuannya timbul sebagai hasil dari interaksi antra manusia dengan manusaia, manusia dengan alam dan manusia dengan sang pencipta.

Beuntunglah seorang sarjana bernama Clyde Kluckhohn dalam bukunya yang berjudul Universal Categories of Culture (dalam Gazalba, 1989: 10), mengkalsifikasinya kebudayaan dalam tujuh unsur kebudayaan. Klasifikasi ini membantu menyederhanakan seseorang untuk memperlajari topik kebudayaan.

Apa saja klasifikasi Tujuh Unsur Kebudayaan yang bersifat universal tersebut? Ini urayannya!

7 Unsur Kebudayaan Menurut Clyde Kluckhohn



1. Sistem bahasa.


Unusr pertama dari Tujuh unsur kebudayaan adalah bahasa. Bahasa memengan pernan penting dalam suatu masyarkat. Tanpa bahasa,  manusia akan sulit berkomonikasi. Dengan bahasa puluh, sistem dan nilai dan petua (nasehat) dari suatu kelompok suku diwariskan.

Bahasa dapat berut berupa bahas lisan maupun tulisan.

Bahasa juga memengang perna sebagai identitas dari suatu suku bangsa. Dengan hanya mengetahui suatu kata dalam bahasa, dapat ditentukan asal suku bangsa seseorang.


2. Sistem Kemasyarakatan dan Organisas


Unusur kedua ini lebih dikenal dengan sistem kekerabatan dan lembaga sosial.  Mengetahui kekerabatan dan posisi seorang individu dalam sistem kelembagaan seseorang penting dalam membentuk suatu struktur sosial.

Sistem kekerabatan yang dimaksud adalah hubungan seorang individu dengan induvidu lanya berdasarkan aspek hubungan darah atau kekeluargaan. Angotanya mulai dari Kakek-Nenek, Ayah - Ibu, Anak dan cucu serta cici.

sedangkan organisasi sosial adalah berbagai lembaga  masyarakat yang dibentuk untuk mengurus kepentingan bersama. Dalam masyarakat tradisional bentuknya belum berbadan hukum. Tetapi dalam masyarakat moderen lembaga sosial berbadentuk badan hukum dan dilindungi oleh peraturan perudanga-undangan.

Posisi seorang individu dalam suatu kekerabatan atau suatu lembaga sosial dapat meningkatkan status sosial seseorang dalam masyarakat. Buktinya, Orang yang memiliki jabatan struktural dalam Organiasi pemerintah dan non pemerintahan akan lebih dihormati oleh masyarakat dari pada individu yang tidak memiliki posisi strategis.


3. Sistem Ekonomi dan Mata Pencarian


Cara suatu kelompok masyarakat dalam memenuhi kebutuhan juga tersamasuk dalam sala satu dari tujuh unsur kebudayaan. Hal ini tergantung pada kondisi lingkungan tempat hidup suatu masyarakat.

Masyarakat yang hidup dipingri pantai akan berprofesi sebagai nelayan, sendangkan masyarakat yang hidup didaratan akan berprofesi sebagai petani.

Namun seteleh refolusi indusitri sampai saat ini, jenis mata pencaharian telah bergam jenis dan bentuknya. Terutama pada masyarakat urban. Tidak hanya bertani dan nelayan. Masyarakat perkotaan dapat memilih jenis dan bentuk perkerjaan yang ia mau. Tergantung pada keterampilan dan kemampuan yang ia miliki.


4. Ilmu pengetahuan


Ilmu pengetahuan adalah salah satu hasil kebudayaan manusia. Ia lahir dari kerja keras manusia yang tidak perna puas untuk mengetahui sesuatu. Manusia yang penasaran akan beragam gejalah dan fenomena terus bertanya mengapa, yang pada akhirnya memperoleh jawaban.

Dalam praktiknya, ulum pengetahuan telah membantu manusia untuk bertahan. Beragam penyakit tidak akan perna disembuhkan juga tidak perna ada ilmu tentang obat-obatan maupun tentang penyakit itu sendiri. Dalam masyarat tradisional diciptakanlah jamu. Sedangkan dalam masyarakat moderen ditemukanlah obat-obat yang dibuat dalam pabrik.

Ilmu pengetahuan pada saat ini tidak hanya menyangkut obat-obatan saja.  Saat ini ilmu pengetahuan telah berkembang dengan pesat, muncul dalam beragam bentuk. Contohnya mate-matika, kima, filsat, ekonomi dan lain sebagainya.


5. Kesenian. 


Kesenian adalah cara manusia mengekspresikan perasaanya dengan mengutamakan nilai-nilai keindahan. Produk kesenian itu sendiri bisa dinikmati dengan panca indra mata dan telinga atau bahakan dengan hati.

Terdapat banyak bentuk kesenian. Contohnya tari, puise, lagu, musik, lukisan, drama, teater atau bahkan filem.

Kesenian menjadi penting, sebab dengan melihat kesenian dari suatu kelompok, seseorang dapat dengan muda menghubungkannya dengan suatu kelompok suku bangsa.


6. Sistem pralatan hidup dan teknologi


Peralatan hidup dan teknologi diciptakan manusia untuk mempermuda seseorang dalam bekerja. Diciptakannya kampak mempermuda manusia dalam menebang pohon. Beben menebang pohon dengan hanya mengandalakan parang pun berkurang.

Beralinya kampak batu ke kampak besi juga telah membantu manusia menebang pohon. Waktu dan energi menembang pohon dengan kampak besi berkurang, apa lagi dengan mengunakan sensor.

Peralatan teknologi tentu saja tidak berkaitan dengan kampak dan sensor saja. Peralatan hidup dan teknologi memiliki bergam bentuk dan jenisnya. Tergantung dari kebutuhan manusia itu sendiri. Kini kebutuhan manusia yang beragam telah memciptakan peralatan dan teknologi yang beragam pula.


7. Sitem Kepercayaan dan Agama



Manusia memiliki aspek spritual dalam kehidupanya. Manusia percaya dan meyakini sesutua yang lebih tinggi dari alam semesta. Yang tertinggi inilah yang mengatur segalah sesuatu.

Bentuk dan jenis kepercayaan dimuka bumi ini sangat banyak. Apa lagi fariasi-fariasi yang ada didalam sebuah agama yang mucul akibat perbedaan penafsiran terhadap sanga pencipta.

Demikian penjelasan tentang 7 Unsur Kebudayaan Menurut Clyde Kluckhohn, semoga bermaafaat bagi pembaca.

Berbagi Itu Selalu Indah
Begitu Suda

Diramu dari berbagai Sumber
sumber 1
Sumber 2
Sumber 3

Ketentuan Berkomentar:
1. Harus Mengunakan Akun Google
2. Tidak Boleh membuat komentar Spam
3. Anda Sopan, Kami Segan
4. Terimakasi-Terimakasi-Terimakasi

Begitu Sudah!
EmoticonEmoticon