5/15/15

Memberdaya Masyarakat dengan Blog

Alexander Mering
  
Asriyadi Alexander Mering, adalah sosok yang menginsiprasi. Apa yang dilakukannya juga dapat dikatakan cukup untik dan heroik: memberdayakan masyarakat dengan melatih mereka membuat blog. Buntutnya, ia dinominasikan sebagai penerima SCTV Aword

Bagaimana mungkin? 

Pada tahun 2012, Alex Mering merasa terpangil melihat kondisi  Dusun Loncek di tepi Sungai Ambawang, Kalimantan Barat yang terisolir. Dusun ini Berjarak  80 KM dari Kota Pontianak. Ayah dua anak ini merasa perlu melakukan Sesuatu.

Sarjana hukum ini memulai dari apa yang bisa ia lakukan. Ia menderikan Komonitas Blogger Perbatasan. Dengan bekal pengalamannya sebagai jurnalis dan aktifis LSM, ia memberdayakan warga di dusun perbatasan Indonesia-Malasya dengan memberikan pelatihan praktis: membuat blog.

Untuk mengisi konten blog, ia melatih dan mengajar warga dusun untuk menulis, memotret dan membuat filem sederhana dengan hanya mengunakan Smarphone. Pelatihan-pelatihannya selalu ditunggu-tunggu warga.

Sekarang Dusun Loncek tidak lagi terisolir. Warga telah mampu mencari beragam informasi melalui internet. Bahkan mereka juga telah mempu menyebarkan informasi dari Dusun Loncek kepada dunia luar. 

Melalui blog, warga mengangkat beragam persolan diperbatasan kepada dunia luar. Mulai dari minimnya infrasttruktur, sampai dengan dengan ketidakhadiran pemerinta menyediakan pelayanan dasar. Mereka berharap, bersoalan ini dapat diketahui para pembuat kebijakan.

Mering juga perna dinobatkan sebagai penerima MDG  2013 dari Pemerintah Indonesi. Dengan berat hati, karena protes terhadap pembabatan hutan borneo, ia akhirnya menerima Award itu demi menjaga bersahabat dengan sahabat-sahabatnya.

Penghargaan MDG 2012, sesungunya bukan hasil kerjanya sendiri, tetapi juga sebuah bentuk pengakuaan atas kerja kolektif yang dilakukan Mering bersama sahabat-sahabatnya dari PNPM, di YPPN.

Kini, Sarjan Hukum ini, bertekan untuk mendorong pengunaan internet di pada kawasan-kawasan terpencil.

Berbagi Itu Selalua Indah
Begitu Sudah

Di racik dari berbagai Sumber
Sumber 4

Ketentuan Berkomentar:
1. Harus Mengunakan Akun Google
2. Tidak Boleh membuat komentar Spam
3. Anda Sopan, Kami Segan
4. Terimakasi-Terimakasi-Terimakasi

Begitu Sudah!
EmoticonEmoticon